Your Name (Kimi No Na Wa) movie review


Judul: Kimi no nawa/Your name (2016)
Sutradara/Skenario/Sinematografi: Makoto Shinkai
Produser: Noritaka Kawaguchi, Genki Kawamura
Pengisi Suara: Ryunosuke Kamiki, Mone Kamishiraishi, Masami Nagasawa, dll.


Diangkat dari novel, film ini bercerita tentang siswi SMU bernama Mitsuha, yang merasa bosan dengan kehidupannya di pinggiran kota. Mitsuha memiliki ayah seorang walikota yang sibuk dengan pekerjaannya. Sementara Mitsuha di rumah tinggal bersama adik dan neneknya menjalani hari2 yang membosankan. Mitsuha diam2 berkeinginan pergi ke kota..

Di lain tempat, ada anak SMA lelaki yang tinggal di pusat kota Tokyo dengan segala hingar bingar kemodernan masa kini, bernama Taki. Taki sering bermimpi berada di sebuah desa yang sama sekali tidak dikenalnya.. 

Para pemainnya^^

Begitupula sebaliknya Mitsuha, di dalam mimpinya dia seperti menjalani kehidupan orang lain dikota.
Jalan cerita pun semakin rumit karena ketika tertidur, tubuh mereka tertukar dan membuat kehidupan mereka menjadi kacau.

Apakah mimpi mereka berdua ini berhubungan? 
Apakah itu mimpi atau kenyataan?
Apa hubungan keduanya??

De Ja Vu?

Taki yang penasaran dengan fenomena aneh itu kemudian menyelidiki sosok Mitsuha hingga menemukan kenyataan yang sama sekali tidak terpikirkan olehnya..


Kesimpulan:
Film ini dimulai dengan adegan kunci dari inti cerita kesuluruhan film secara detail tapi "berirama" sehingga tidak membuatku bosan.
Walaupun tidak dijelaskan secara gamblang di film, fenomena yang dialami oleh Mitsuha dan Taki adalah merupakan keinginan mereka sendiri yang berfantasi menjalani hidup orang lain. 
Yup! Jawaban dari semua teka teki di film nantinya membawa penonton kembali  ke awal film. Dan ditambah twist di pertengahan, ampuh memberikan efek memorable kepada penonton. 
Maksudku, meski film ini berpenampilan layaknya anime kacangan  biasa (gak se "wah" Hollywood)  tapi sungguh.. Film ini bercerita jauh lebih dalam dan manis bila dibandingkan dengan animasi Hollywood yg cuma mengandalkan gambar dan sound.
Dengan gabungan beberapa plot elemen seperti body swap, time traveling, hingga urban legend mengantarkan film ini ke nominasi Oscar 2016.

Tentunya.. Sekaligus film kartun terbaik yang kutonton sepanjang tahun 2016 .


My verdict: 
8,5/10 WAJIB TONTON





Posting Komentar

0 Komentar